Selasa, 28 Februari 2017 
Jendela
Yang Unik di Pasar Ternak
ImagePasar ternak Sunggingan, Boyolali, Jawa Tengah memberi sejuta manfaat bagi warga sekitar.

Pasar ternak terbesar di Indonesia ini, setiap hari pasaran Pahing selalu ramai dikunjungi para pemilik ternak dari berbagai daerah di Pulau Jawa maupun para pembeli ternak untuk bertransaksi.

Keramaian ini memunculkan berkah bagi warga sekitar yang menawarkan beragam jasa seperti blantik, juru rogoh, tukang ngguyang, maupun tukang congkok.

Keberadaan blantik atau orang yang menjadi perantara antara pembeli dan pemilik ternak sangat membantu proses jual beli sapi.

Dengan keterampilannya, komunikasi blantik sangat dibutuhkan bagi pemilik sapi untuk menawarkan ternaknya ke calon pembeli. Begitu pun bagi pembeli, Blantik diperlukan untuk memudahkan mendapat sapi-sapi pilihan yang akan dibelinya.

Profesi unik lainnya adalah juru rogoh, seperti yang dijalani Sulisno Harto Suwiryo. Pria berusia 65 tahun ini telah menghabiskan separuh hidupnya untuk bekerja sebagai juru rogoh sapi dengan tugas memeriksa kandungan sapi.

Keahlianya merogoh perut sapi untuk mendeteksi kehamilan, sangat dibutuhkan para pemilik ternak karena sapi yang diketahui hamil harganya akan meningkat 1,5 juta rupiah.

Dalam sehari, Suwirno mampu merogoh 80 ekor sapi dengan upah 10 ribu rupiah jika sapi diketahui hamil, dan 5 ribu rupiah jika sapi tidak hamil.

Kebersihan sapi juga menjadi faktor yang turut mempengaruhi harga. Tak jarang pemilik ternak memanfaatkan jasa tukang guyang. Tukijo bersama dua rekannya selalu melayani pemilik ternak untuk memandikan sapi.

Atas jasanya mereka menerima upah 10 ribu rupiah per ekor sapi yang telah dimandikannya. Ada pula juru congkok hidung sapi yang bertugas melubangi dan memasang tali ke hidung sapi agar sapi mudah dikendalikan.

Dengan keahlianya mecongkok, Wahyudi juga dicari para pemilik ternak untuk membantu melubangi hidung sapi. Bagaimana keramaian pasar ternak Sunggingan? Bagaimana pula para blantik mampu mempengaruhi calon pembeli?

Lalu apa saja yang harus diperhatikan untuk memeriksa perkembangan kandungan ternak? Serta sejauh mana pasar ini memberi manfaat bagi warga sekitar?

Tayang Sabtu, 13 April 2013, pukul 10:00 WIB

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Mata Pancing

Menaklukkan Raja Muara
Tim Mata Pancing datang ke hamparan kolam yang luas di Labuhan Bahari.  Terletak di pinggiran kota Medan, kolam yang dihuni banyak ikan predator berukuran besar ini menjadi tempat favorit untuk mancing. Pertarungan hebat menaklukkan ikan Baramundi...
Selengkapnya

Let's Go

Surga Tersembunyi Pasir Segui
Desa Sembalun, panorama alamnya yang indah mempesona menunggu untuk dikunjungi. Selain hijau oleh pepohonan dan ada di vegetasi ketinggian khas daerah pegunungan, desa ini nyaris dikelilingi oleh megahnya bukit-bukit indah dan Gunung Rinjani yang mempesona. Puasa tidak menjadi...
Selengkapnya

Ulasan Sepekan

Ulasan Sepekan: "Yaman Berkecamuk”
Konflik di Yaman beberapa pekan terakhir belum menunjukan tanda-tanda akan berakhir, bahkan cenderung kian panas. Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi masih terus menggempur pemberontak Huthi yang menggulingkan Presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansour Hadi. Ribuan warga asing, termasuk Indonesia, dievakuasi menyusul...
Selengkapnya

Pahlawan

Rasino: Mengajar dengan Hati, Melihat dengan Nada
Di balik keterbatasannya, Rasino, pria asal kebumen, yang terlahir buta, sejak 39 tahun lalu, mampu mengubah kegelapan menjadi cahaya  terang melalui lantunan nada dan ketukan irama gamelan dalam seni karawitan. Secara khusus seni karawitan dapat diartikan sebagai seni musik...
Selengkapnya

Versi 1.0 copyright © 2010 - MNCTV - Best Viewed with IE6+, Mozilla Firefox 1.5++, Opera 7++