Sabtu, 1 Agustus 2015 
Jendela
Yang Unik di Pasar Ternak
ImagePasar ternak Sunggingan, Boyolali, Jawa Tengah memberi sejuta manfaat bagi warga sekitar.

Pasar ternak terbesar di Indonesia ini, setiap hari pasaran Pahing selalu ramai dikunjungi para pemilik ternak dari berbagai daerah di Pulau Jawa maupun para pembeli ternak untuk bertransaksi.

Keramaian ini memunculkan berkah bagi warga sekitar yang menawarkan beragam jasa seperti blantik, juru rogoh, tukang ngguyang, maupun tukang congkok.

Keberadaan blantik atau orang yang menjadi perantara antara pembeli dan pemilik ternak sangat membantu proses jual beli sapi.

Dengan keterampilannya, komunikasi blantik sangat dibutuhkan bagi pemilik sapi untuk menawarkan ternaknya ke calon pembeli. Begitu pun bagi pembeli, Blantik diperlukan untuk memudahkan mendapat sapi-sapi pilihan yang akan dibelinya.

Profesi unik lainnya adalah juru rogoh, seperti yang dijalani Sulisno Harto Suwiryo. Pria berusia 65 tahun ini telah menghabiskan separuh hidupnya untuk bekerja sebagai juru rogoh sapi dengan tugas memeriksa kandungan sapi.

Keahlianya merogoh perut sapi untuk mendeteksi kehamilan, sangat dibutuhkan para pemilik ternak karena sapi yang diketahui hamil harganya akan meningkat 1,5 juta rupiah.

Dalam sehari, Suwirno mampu merogoh 80 ekor sapi dengan upah 10 ribu rupiah jika sapi diketahui hamil, dan 5 ribu rupiah jika sapi tidak hamil.

Kebersihan sapi juga menjadi faktor yang turut mempengaruhi harga. Tak jarang pemilik ternak memanfaatkan jasa tukang guyang. Tukijo bersama dua rekannya selalu melayani pemilik ternak untuk memandikan sapi.

Atas jasanya mereka menerima upah 10 ribu rupiah per ekor sapi yang telah dimandikannya. Ada pula juru congkok hidung sapi yang bertugas melubangi dan memasang tali ke hidung sapi agar sapi mudah dikendalikan.

Dengan keahlianya mecongkok, Wahyudi juga dicari para pemilik ternak untuk membantu melubangi hidung sapi. Bagaimana keramaian pasar ternak Sunggingan? Bagaimana pula para blantik mampu mempengaruhi calon pembeli?

Lalu apa saja yang harus diperhatikan untuk memeriksa perkembangan kandungan ternak? Serta sejauh mana pasar ini memberi manfaat bagi warga sekitar?

Tayang Sabtu, 13 April 2013, pukul 10:00 WIB

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Mata Pancing

Mini Tournament Berdikari
Mata Pancing minggu ini menghadirkan petualangan spektakuler Anita Dewi bersama Berdikari dan para angler sejati yang datang dari penjuru negeri. Mini tournament Berdikari, Lampung ini merupakan fun fishing yang menyatukan pemancing senior untuk menjalin persahabatan di kapal ...
Selengkapnya

Pelesir

Lezat Rasa Geco Cianjur
Anda bingung mengisi liburan keluar kota? Coba deh mampir ke pinggiran Kota Jakarta. Di Cariu, Bogor, Jawa Barat ada penangkaran Rusa seluas 8 hektar yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Di lokasi yang sejuk tersebut...
Selengkapnya

Ulasan Sepekan

Bencana Banjir dan Tanah Longsor
Bencana seakan tak mau pergi. Belum surut banjir dan tanah longsor di Kudus, Jawa Tengah dan di Jombang, Jawa Timur, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo meletus hebat. 15 nyawa melayang tersapu awan panas. Para korban tewas saat berada di daerah...
Selengkapnya

Pahlawan

Julmasnyah: Memberdayakan Petani Madu Sumbawa
Apa yang dihasilkan petani madu Sumbawa selama ini tak sebanding dengan risiko yang harus dihadapi. Kematian dan cacat seumur hidup akibat terjatuh dari pohon yang tingginya bisa mencapai 15 meter menjadi hal yang dihadapi setiap hari.  Kondisi mereka diperburuk lagi...
Selengkapnya

Versi 1.0 copyright © 2010 - MNCTV - Best Viewed with IE6+, Mozilla Firefox 1.5++, Opera 7++