Selasa, 1 September 2015 
Inspirasi Sore
Di Natuna Kami Berburu
ImageKabupaten Natuna yang merupakan bagian dari wilayah kepulauan Riau menjadi tujuan tim Mata Pancing untuk berburu ikan.

Kami akan mancing di kabupaten termuda di Indonesia ditemani oleh pemancing-pemancing lokal. Rumpon menjadi tujuan awal kami, berjarak satu jam dari pelabuhan Tua Penagi.

Rumpon Karang Kukop mempunyai potensi ikan yang baik. Saya mencoba peruntungan dengan mancing dasaran menggunakan umpan cumi, saya berhasil strike ikan kuwe.

Robert di buritan kapal juga berhasil strike, dengan susah payah ia berhasil hook up ikan kuwe liin. Di haluan kapal Pak Ilyas melanjutkan pesta strike kami, jorannya melengkung tajam ditarik ikan, akhirnya pak Ilyas berhasil mengangkat ikan salem.

Selain menggunakan joran, beberapa pemancing menggunakan piranti tradisional handline. Di buritan kapal pak Febri berhasil strike ikan merah menggunakan teknik handline.

Perburuan ikan dilanjutkan. Bayu berhasil strike, umpannya disambar ikan. Bayu berhasil hook up ikan kuwe. Berikutnya Pak Ferry yang berhasil strike menggunakan handline, setelah gagal hook up sebelumnya, Pak Ferry akhirnya berhasil mendapatkan ikan kuwe.

Robert dan Pak Ilyas berhasil strike lagi, masing-masing berhasil mendapatkan ikan kuwe. Menjelang siang kami beristirahat, kami akan memasak dan menikmati makanan khas Natuna yaitu Ketabol Mando dan Kernas. Makan dengan suasana pantai menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Saya melanjutkan perjalanan di Natuna, berikutnya saya bersama pak Darman akan memasang dan menarik bubu yang sudah seminggu ditanam di bawah laut. Lokasi yang akan kami tuju adalah perairan Senoa, beragam jenis ikan kami dapat dari hasil perangkap bubu.

Bagaimana kelanjutan serunya mancing di perairan Natuna?

Tayang Sabtu 13 Agustus 2011, pukul 10.30 WIB

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Mata Pancing

Legenda Ikan Setan di Makassar
Ikan Escolar (Lepidocybium flavobrunneum), oleh para nelayan dan komunitas pemancing biasanya juga disebut ikan setan. Ikan beratnya  bisa mencapai t hingga 50 kg ini dan sisiknya berwarna hitam. Matanya menyala tajam. Ikan Escolar dikenal sebagai ikan yang...
Selengkapnya

Let's Go

Cigentis Nan Eksotis
Hai hai hai, weekend kali ini Let's Go bersama Atiya Anindita akan mengajak kalian berpetualang ke tempat wisata yang tidak jauh dari Jakarta yaitu Karawang. Perjalanan dimulai dari terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Atiya menggunakan jasa angkutan bus...
Selengkapnya

Ulasan Sepekan

Ulasan Sepekan: “Relokasi Harga Mati Tanpa Ganti Rugi”
Meski sempat dihadang warga hingga terjadi bentrokan, penggusuran bantaran Kali Ciliwung di Kampung Pulo, Jakarta Timur, tetap berlanjut. Warga yang telah lama tinggal dikawasan itu akhirnya pindah ke rusunawa yang telah disediakan. Masyarakat memang seharusnya tidak menempati bantaran kali, namun...
Selengkapnya

Pahlawan

Basri, "Penjaga Hutan"
Memiliki prinsip, "mangan ora mangan seng penting hutan ne tetep hijau" menjadi komitmen yang dilakukan Basri, selama 15  tahun dalam menjaga hutan di kawasan Lereng Perahu, Desa Purwosari, Dukuh Kenjuran, Kendal, Jawa Tengah, tetap hijau. Pria 55 tahun ini,...
Selengkapnya

Versi 1.0 copyright © 2010 - MNCTV - Best Viewed with IE6+, Mozilla Firefox 1.5++, Opera 7++