Rabu, 29 Juni 2016 
Inspirasi Sore
Di Natuna Kami Berburu
ImageKabupaten Natuna yang merupakan bagian dari wilayah kepulauan Riau menjadi tujuan tim Mata Pancing untuk berburu ikan.

Kami akan mancing di kabupaten termuda di Indonesia ditemani oleh pemancing-pemancing lokal. Rumpon menjadi tujuan awal kami, berjarak satu jam dari pelabuhan Tua Penagi.

Rumpon Karang Kukop mempunyai potensi ikan yang baik. Saya mencoba peruntungan dengan mancing dasaran menggunakan umpan cumi, saya berhasil strike ikan kuwe.

Robert di buritan kapal juga berhasil strike, dengan susah payah ia berhasil hook up ikan kuwe liin. Di haluan kapal Pak Ilyas melanjutkan pesta strike kami, jorannya melengkung tajam ditarik ikan, akhirnya pak Ilyas berhasil mengangkat ikan salem.

Selain menggunakan joran, beberapa pemancing menggunakan piranti tradisional handline. Di buritan kapal pak Febri berhasil strike ikan merah menggunakan teknik handline.

Perburuan ikan dilanjutkan. Bayu berhasil strike, umpannya disambar ikan. Bayu berhasil hook up ikan kuwe. Berikutnya Pak Ferry yang berhasil strike menggunakan handline, setelah gagal hook up sebelumnya, Pak Ferry akhirnya berhasil mendapatkan ikan kuwe.

Robert dan Pak Ilyas berhasil strike lagi, masing-masing berhasil mendapatkan ikan kuwe. Menjelang siang kami beristirahat, kami akan memasak dan menikmati makanan khas Natuna yaitu Ketabol Mando dan Kernas. Makan dengan suasana pantai menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Saya melanjutkan perjalanan di Natuna, berikutnya saya bersama pak Darman akan memasang dan menarik bubu yang sudah seminggu ditanam di bawah laut. Lokasi yang akan kami tuju adalah perairan Senoa, beragam jenis ikan kami dapat dari hasil perangkap bubu.

Bagaimana kelanjutan serunya mancing di perairan Natuna?

Tayang Sabtu 13 Agustus 2011, pukul 10.30 WIB

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Mata Pancing

Toman Bunga dari Sungai Siak
Mata Pancing episode kali ini, Anita Dewi bersama Crazy Angler Riau akan menjelajahi sungai Siak, Riau. Sungai yang masih alami dan terjaga ekosistemnya ini menyimpan berbagai predator air tawar yang disegani, ikan toman salah satunya. Ikan buas ...
Selengkapnya

Let's Go

Merdu Suara Dendang Malingua
Pelesir Laura di Buton berlanjut di sebuah perkampungan Suku Bajo, tepatnya di Desa Bahari Makmur, Kecamatan Siotapina. Bersama Komunitas Suku Laut, Laura mengenali kehidupan mereka yang tidak pernah bisa dipisahkan dari Sampan, Dayung dan air asin. Selain hidup...
Selengkapnya

Ulasan Sepekan

Pengungsi Gunung Kelud Mulai Kembali ke Rumah
Hampir dua pekan letusan Gunung Kelud memporak porandakan Jawa Timur. Meskipun statusnya sudah diturunkan menjadi siaga, dampaknya masih terasa. Pasca penurunan status Gunung Kelud dari awas menjadi siaga, ribuan pengungsi yang pulang ternyata belum bisa hidup normal. Sesampai...
Selengkapnya

Pahlawan

Ita Yuliana Adu: Pelindung Anak-anak Kelapa Tinggi
Prihatin dengan tingginya angka kematian bayi di tempat tinggalnya di kampung Kelapa Tinggi, Desa Mata air, Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur,  Ita Yuliana Adu menjadi Kader Posyandu sejak empat tahun lalu. Pada awalnya Ita merasa rendah diri karena...
Selengkapnya

Versi 1.0 copyright © 2010 - MNCTV - Best Viewed with IE6+, Mozilla Firefox 1.5++, Opera 7++